-->
//
Hal yang Harus Diketahui Untuk Belajar Programming Pemula

Hal yang Harus Diketahui Untuk Belajar Programming Pemula

Hal yang Harus Diketahui Untuk Belajar Programming Pemula

belajar bahasa pemrograman lengkap

halo semua, sebelumnya FreakProgrammer telah membahas tentan Cara Asyik dan Mudah Belajar Bahasa Pemrograman. nah sekarang ini saya akan membahas tentang hal apa saja sih yang harus diperhatikan untuk memulai belajar bahasa pemrograman ??

bagi sebagian orang, bahasa komputer itu sangat sulit untuk di pelajari, apa lagi orang yang baru terjun kedunia IT. saya akui untuk memulai segala sesuatu itu adalah hal yang paling sulit.

banyak yang mengatakan programming itu sulit untuk di pelajari, tetapi menurut saya mempelajari pemrograman itu tidak sulit. bahkan kamu dapat mempelajari bahasa pemrograman secara otodidak.

sebelum mengetahui hal apa saja yang harus diketahui dalam memulai programming, kamu harus memenuhi syarat - syarat belajar bahasa pemrograman agar kedepannya kamu tidak cepat bosan dan pelajaran yang kamu pelajari cepat kamu terima dengan baik.
  • Hobi, apakah kamu hobi atau senang mengutak atik script? jika ia berarti kamu siap untuk mempelajarinya. karena hal inilah yang membuat programming menjadi menyenangkan, dan tidak menakutkan untuk dipelajari.
  • High curiousity, adalah rasa keingin tahuan yang tinggi. dalam pembuatan suatu program kamu pasti akan mendapatkan banyak masalah, jika kamu mempunyai rasa penasaran yang tinggi hal ini akan dapat teratasi. kenapa? karena kamu akan mencari berbagai macam cara untuk menyelesaikannya. Try & Error, harus terus kamu lakukan.
  • Mau Untuk Belajar, jika kamu sudah mengerti bahasa pemrograman A, pelajarilah pemrograman B dan seterusnya. jadi seorang programmer itu jangan mudah puas, asah terus kemampuan kamu dengan mempelajari yang lainnya.
  • Bisa Berbahasa Inggris, minimal kamu harus bisa bahasa inggris secara pasif. karena source code biasanya menggunakan bahasa inggris.
keempat cara tadi memanglah bukan syarat mutlak yang harus di miliki seorang programmer, tetapi minimal kamu harus memilikinya agar saat melakukan coding menjadi lebih menyenangkan.

sekarang kita akan masuk kebahasan inti di dalam artikel ini. hal apa saja yang harus kamu ketahui sebelum kamu melatih diri untuk programming.

Cara Belajar Programming Untuk Pemula

1. Tentukan Bahasa Pemrograman

bahasa pemrograman yang mudah belum tentu cocok dengan karakter diri seseorang. umumnya, bahasa komputer di tulis dengan suatu set perintah dari bahasa yang di mengerti manusia dan di ubah ke bahasa komputer (Compile). bahasa komputer ini sebenarnya ada banyak, konsepnya sama tetapi hanya sintaksnya yang berbeda. coba cari bahasa yang menurut kamu itu mudah untuk di pelajari dan mudah di mengerti. pilihlah bahasa yang cocok untuk kamu lakukan, bahasa yang berbeda beda ini tentunya di gunakan untuk tujuan yang berbeda pula. jika kamu ingin membuat sebuah aplikasi desktop atau android kamu bisa memulai dengan mempelajari pemrograman Java. jadi intinya adalah cari bahasa pemrograman yang cocok untuk apa yang ingin kamu lakukan, dan nanti kamu bisa mempelajari yang lainnya kelak.
Tipe Data Pada Bahasa Pemrograman Java

2. Belajar Algoritma Pemrograman

Algoritma adalah suatu langkah - langkah teknik penyelesaian suatu masalah. dengan mempelajari Algoritma, daya pikir logika kamu akan meningkat. karena logika adalah hal yang sangat penting dalam pembuatan suatu program. penerapan logika dalam suatu program juga merupakan hal yang penting, tujuannya adalah untuk memberikan kemampuan kepada program agar outputnya sesuai dengan apa yang diharapkan. kamu dapat melatih daya pikir logika dengan cara menyelesaikan suatu masalah, game teka - teki, atau coba lihat program yang sudah jadi dan pelajari logikanya.

3. Tentukan Tools Development

kebanyakan orang yang ingin belajar programming terkendala dengan lisensi suatu tools pengembangan yang tidak murah. maka dari itu coba carilah tools development yang open source atau gratis dan cocok dengan kamu. atau kamu bisa mencoba Netbeans yang menggunakan bahasa pemrograman java.

4. Cari Mentor Yang Tepat

mentor atau instruktur itu lebih dari sekedar guru. dengan mendapatkan instruktur yang tepat kamu akan mendapatkan kemudahan jika mengalami kesulitan dalam pembuatan suatu program, kamu dapat menanyakan kesulitan yang kamu temukan dengan mentor. untuk mendapatkan mentor kamu bisa bergabung di forum forum programing.

5. Carilah Proyek Kecil

untuk mencoba kemampuan programming, kamu membutuhkan challenge atau tantangan. mencari proyek kecil - kecilan adalah adalah hal yang tepat untuk mencobanya. proyek tersebut bisa dari tugas teman kuliah yang kamu kerjakan sendiri atau yang lainnya.


mungkin itu saja bahasan kali ini yang dapat saya sampaikan mengenai "Hal Yang Harus Diketahui Pemula Untuk Belajar Programming". bagi seorang pemula, pempelajari bahasa pemrograman memang gampang gampang susah, tetapi jika kamu memiliki ketertarikan di dalam dunia programming saya yakin kamu akan cepat menguasainya. jika kamu suka dengan artikel yang saya buat ini, silahkan share dan berkomentar.
Terimakasih :)
Buka Komentar