-->
//
Pengertian dan Fungsi Java Netbeans IDE

Pengertian dan Fungsi Java Netbeans IDE

Pengertian dan Fungsi Java Netbeans IDE

Netbeans IDE


pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai Java Netbeans IDE.

Pengertian Netbeans adalah sebuah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) besutan SUN Microsystems. aplikasi ini berbasiskan Java dan berjalan di atas swing. Swing sendiri adalah sebuah teknologi Java untuk mengembangkan sebuah aplikasi Desktop yang dapat dijalankan di berbagai macam OS. yaitu Windows, Linux, MAC OS ,Solaris dan OS lain yang mendukung suatu JVM yang sepadan..

Pada awalnya, aplikasi ini diperuntukkan dalam suatu pengembangan pemrograman Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung bahasa pemrograman lainnya, secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.

Aplikasi NetBeans IDE ini di luncurkan sejak tahun 1997 yaitu sebagai sebuah proyek mahasiswa. Pada tahun tersebut, perusahaan yang di bangun oleh Roman Staněk mulai memproduksi terbitan - terbitan NetBeans IDE yang bersifat perdagangan hingga akhirnya dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999 dan menjadikan NetBeans IDE sebagai aplikasi open source di bulan Juni 1999.


Fungsi Java Netbeans

Fungsi Java Netbeans IDE sendiri adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Desktop, contoh dari aplikasi netbeans adalah seperti aplikasi yang ada di toko toko sembako. selain untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Netbeans juga digunakan oleh programer untuk mencompile, linker, debugger DLL. karena IDE sendiri secara global berarti “editor”. IDE adalah sebuah lingkungan terintegritas yang menyediakan semua kebutuhan programer.

Fitur Java Netbeans

fitur – fitur yang terdapat pada Netbeans antara lain:

  • Smart Code Completion, untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  • Bookmarking, fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  • Go to commands, fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  • Code generator, jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  • Error stripe, fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.

Kekurangan Dan Kelebihan Java Netbeans

setiap bahasa pemrograman mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing, begitu juga dengan kerumitannya. ada banyak orang yang banyak mempelajari Java dengan mudah, tetapi tidak sedikit juga orang yang kesulitan dalam mempelajarinya. terlepas dari pro dan kontrak tersebut disini saya akan memberitahu anda kelebihan dan kekurangan Java Netbeans agar bisa memotivasi teman teman untuk mempelajarinya tanpa peduli susah atau mudah.


1. Kelebihan


  • Multiplatform, kelebiahan utama dari Netbeans adalah dapat dijalankan di berbagai platform / sistem operasi komputer. jadi programmer hanya menulis programnya sekali dan mengcompilenya (mengubah dari bahasa yang dapat dimengerti manusia ke bahasa mesin / bytecode) maka program dapat di jalankan di berbagaimacam platform tanpa adanya perubahan.
  • OOP (Object Oriented Programming), adalah program berorientasi objek, yang artinya semua aspek yang berada di java adalah objek.
  • Tidak Hanya Menggunakan Bahasa Java, selain bahasa pemrograman Java, Netbeans juga dapat menjalankan bahasa pemrograman lain seperti C/C++, PHP, HTML dll.
  • Gratis, aplikasi ini juga disediakan oleh SUN Microsystem secara gratis dengan banyak plugin yang juga gratis yang kamu dapat download di situs resminya atau melelui pihak ketiga.

2. Kekurangan


  • Penggunaan Memori Yang Banyak, dari segi sumber daya Netbeans memerlukan sumber daya yang bersar seperti Memory dan ruang HDD.
  • Mudah Didekompilasi, Didekompilasi yaitu proses mengembalikan dari kode jadi menjadi kode sumber.
  • Hanya Support 1 Pengembangan Java GUI, NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup populer.


mungkin itu saja bahasan kali ini yang dapat FreakProgramer sampaikan mengenai “Pengertian Java Netbeans“. tidak hanya mengetahui pengertiannya saja, tetapi disini juga kamu dapat mengetahui Fungsi, Fitur, serta kelebihan dan kekurangan dari Java Netbeans. jika kamu suka dengan artikel yang saya buat ini, silahkan share dan berkomentar.
Terimakasih :)
This Is The Oldest Page
Buka Komentar